Manager adalah sebuah posisi dalam sebuah organisasi (perusahaan) yang ditujukan untuk orang yang mampu membuat orang-orang yang ada dalam organisasi (yang tentu saja berasal dari latar belakang yang berbeda) bersatu dan bekerja sama dengan baik untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut.
Sama hal nya dengan manajer sebuah organisasi pada umumnya, manajer proyek juga dituntut melakukan hal yang sama yaitu mengkoordinir anggota organisasi terkait dalam melakukan tugas-tugas tertentu bagi kelancaran jalannya organisasi.
Dari beberapa sumber, untuk dapat menjadi seorang manajer proyek yang baik, maka ada 3 karakteristik yang dijadikan tolak ukur, antara lain :
1. Karakter Pribadi
Karakter pribadi yang mencerminkan manajer proyek yang baik antara lain :
Sama hal nya dengan manajer sebuah organisasi pada umumnya, manajer proyek juga dituntut melakukan hal yang sama yaitu mengkoordinir anggota organisasi terkait dalam melakukan tugas-tugas tertentu bagi kelancaran jalannya organisasi.
Dari beberapa sumber, untuk dapat menjadi seorang manajer proyek yang baik, maka ada 3 karakteristik yang dijadikan tolak ukur, antara lain :
1. Karakter Pribadi
Karakter pribadi yang mencerminkan manajer proyek yang baik antara lain :
- Memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai teknis pekerjaan dari proyek yang sedang dipimpinnya.
- Mampu bertindak sebagai seorang pengambil keputusan yang handal dan bertanggung jawab.
- Memiliki integritas diri yang baik namun tetap mampu menghadirkan suasana yang mendukung di lingkungan kerja.
- Memiliki pengalaman yang memadai dalam mengelola waktu dan manusia.
- Memiliki komitmen yang kuat dalam meraih tujuan dan keberhasilan proyek dalam jadwal, anggaran, dan prosedur yang telah dibuat.
- Pelaksanaan seluruh proses pengembangan proyek IT sesuai dengan anggaran dan waktu yang dapat memuaskan para pengguna / klien.
- Pernah terlibat dalam proyek sejenis.
- Mampu mengendalikan hasil-hasil proyek dengan melakukan pengukuran dan evaluasi kinerja yang disesuaikan dengan standar dan tujuan yang ingin dicapai dari proyek yang dilaksanakan.
- Membuat dan melakukan rencana darurat untuk mengantisipasi hal-hal maupun masalah tak terduga.
- Membuat dan menerapkan keputusan terkait dengan perencanan.
- Memiliki kemampuan dan keahlian berkomunikasi serta manajerial.
- ampu menyusun rencana, mengorganisasi, memimpin, memotivasi serta mendelegasikan tugas secara bertanggung jawab kepada setiap anggota tim.
- Menghormati para anggota tim kerjanya serta mendapat kepercayaan dan penghormatan dari mereka.
- Berbagi sukses dengan seluruh anggota tim.
- Mampu menempatkan orang yang tepat di posisi yang sesuai
- Memberikan apresiasi yang baik kepada para anggota tim yang bekerja dengan baik.
- Mampu mempengaruhi pihak-pihak lain yang terkait dengan proyek yang dipimpinnya untuk menerima pendapat-pendapatnya serta melaksanakan rencana-rencana yang disusunnya.
- Mendelegasikan tugas-tugas namun tetap melakukan pengendalian melekat.
- Memiliki kepercayaan yang tinggi kepada para profesional terlatih untuk menerima pekerjaan-pekerjaan yang didelegasikan darinya.
- Memahami secara menyeluruh para anggota tim yang dipimpinnya dan mengembangkan komunikasi efektif di dalamnya.
- Menyediakan sedikit waktu untuk menerima setiap ide yang dapat meningkatkan kematangan serta pengembangan dirinya.
Sumber lain menyebutkan bahwa untuk dapat dikatakan manajer yang baik, maka manajer tersebut memiliki kriteria berikut :
- Diakui oleh pimpinan yang berkepentingan sebagai faktor paling penting dalam suatu proyek
- Jujur dalam semua transaksi dan hubungan
- Menunjukkan keinginan untuk mengatur dan memimpin kelompok
- Menunjukkan bukti dari keinginan yang kuat untuk pencapaian tujuan
- Memiliki keyakinan bahwa masa depan akan memiliki hasil yang positif
- Memiliki keyakinan bahwa kinerja pribadinya akan menghasilkan hasil yang positif.
(Sumber : Laporan Frank Toney dalam buletin Praktek Manajemen Proyek Terbaik)
Setiap organisasi pasti memiliki kriteria atau standar masing-masing untuk menilai baik tidaknya seorang manajer proyek. Kriteria di atas belum tentu di-iyakan oleh seluruh organisasi. Namun yang pasti, manajer proyek yang baik adalah dia yang mampu merangkul seluruh anggotanya untuk bekerja sama menghasilkan yang terbaik bagi organisasi dan klien :)
:: Sumber ::
http://saiiamilla.wordpress.com/2011/05/13/kriteria-manager-proyek-yang-baik/
0 komentar:
Posting Komentar