Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

WimAx Vs 3G

3G merupakan layanan komunikasi bergerak yang menjanjikan peningkatan bandwidth hingga 384 Kbps ketika diakses dalam keadaan berjalan (nomadic), sementara untuk di kendaraan bergerak kecepatannya sekitar 128 KBps dan sampai 2 MBps bila dalam kondisi diam.
WiMax (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah teknologi broadband yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dan jangkauan yang luas. WiMax merupakan evolusi dari teknologi BWA (Broadband Wireless Access). WiMax memiliki kecepatan transfer data hingga 70 Mbps dan jarak jangkauan hingga 50 km.
Keunggulan WiMAX adalah terlihat dari sisi kecepatannya. Dengan demikian secara otomatis akan banyak memberikan layanan yang menarik dibanding 3G. Namun bila difokuskan pada kemampuan mobility-nya, 3G masih unggul dibanding WiMAX.

Menurut kami, dari sisi kecepatan, WiMax mampu mengalahkan 3G. Namun ada beberapa hal yang menghalangi Wimax untuk menyaingi 3G, misalnya teknologi Wimax dengan mengandalkan high speed lebih tepat dimanfaatkan untuk pengaksesan data dengan penggunaan PC, notebook, PDA atau Smarthphone dan seperti yang kita ketahui produk-produk itu masih tergolong produk mahal di negeri ini. Sehingga untuk berkembang dan menjamur seperti 3G dibutuhkan waktu yang lama sampai produk-produk tersebut dapat dijangkau oleh masyarakat luas. Bahkan seorang analis menyatakan bahwa hingga tahun 2010 hanya 6% dari kurang lebih 500 juta pengguna teknologi bandwidth yang memanfaatkan Wimax.

Sebuah sumber juga menyatakan bahwa WiMAX sangat cocok digunakan untuk pelanggan dengan tingkat mobilitas yang rendah namun kebutuhan bandwidthnya tinggi. Padahal di zaman ini mobilitas sudah menjadi kegiatan orang sehari-hari. Berbeda dengan 3G yang fokus pada pelanggan dengan tingkat kebutuhan mobilitas tinggi sedangkan kebutuhan bandwidthnya lebih rendah. Karena itu untuk dapat menyaingi 3G, Wimax membutuhkan waktu yang cukup lama.


::dari beberapa sumber ::

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar