Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Kasus Monopoli

Microsoft disinyalir telah memonopoli pasar perangkat komputer jinjing di Indonesia, baik laptop maupun netbook, dengan sistim operasi berbasis proprietary (software kode tertutup).



Penggiat teknologi komunikasi informasi, Onno Widodo Purbo, menilai apa yang dilakukan raksasa software dunia itu adalah pelanggaran terhadap UU No.5/1999 tentang praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.
Dugaan monopoli ini berawal ketika Onno, demikian ia biasa dipanggil, merasa tidak ada toleransi bagi calon pembeli laptop maupun netbook yang ingin menggunakan sistim operasi berbasis open source (software kode terbuka).

Mengingat perangkat komputer jinjing itu telah dibundel secara pre-install dengan sistim operasi Microsoft Windows, ia pun mengeluhkan, harga yang musti dibayar calon pembeli otomatis akan membumbung ratusan dollar AS dari harga dasar perangkat.

"Artinya, pembeli dipaksa untuk membayar Microsoft bersama laptop atau netbook tersebut, tidak peduli walaupun tidak digunakan," ketusnya dalam pernyataan yang juga disampaikan pada Kematian.Biz, Senin (2/3/2009).

Mantan dosen teknik ITB ini mengandaikan, jika laptop maupun netbook tersebut laku terjual ribuan unit per bulannya, maka Indonesia dinilai telah menghamburkan uang miliaran rupiah per bulan untuk Microsoft yang notabene perusahaan asing.

"Belum tentu software Microsoft diperlukan semua pengguna. Dan saya rasa ini bertentangan dengan program yang jelas-jelas dicanangkan pemerintah, yakni, Indonesia Go Open Source atau IGOS," kata Onno.

Onno berharap, indikasi monopoli ini dapat menggugah Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Departemen Perdagangan, Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo), dan Kementerian Negara Riset dan Teknologi (Ristek).

"Semoga teman-teman di sana tergugah untuk melihat kasus ini lebih jauh," demikian tandasnya. Surat pengaduan dugaan monopoli ini juga diteruskan Onno kepada instansi pemerintah terkait, yang telah disebutkan di atas.




Sumber : http://kematian.biz/article/teknologi/microsoft-diduga-monopoli-pasar-komputer-ri.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar