Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Plus Minus Open Source

Software open source kini telah banyak beredar. Banyak aplikasi hebat yang dibuat menggunakan software open source tersebut. Misalnya web yang menggunakan joomla, drupal, moodle. Aplikasi yang dibangun dengan java. Dan salah satu contoh open source yang sedang booming adalah teknologi Android.

Lalu apa sebenarnya keuntungan dan kerugian membuat aplikasi bahkan mengembangkan aplikasi open source?

Software open source merupakan perangkat lunak gratis. Gratis disini mempunyai makna luas dimana software ini membebaskan source kodenya untuk dilihat oleh semua orang dan membiarkan mereka mengetahui cara kerja software tersebut dan juga memperbaiki kekurangan - kekurangan yang ada pada software tersebut.



Dari beberapa sumber yang saya baca, kelebihan membangun aplikasi dengan software open source adalah sebagai berikut :
1. Legal
Karena bersifat open source, tentu software ini tidak memerlukan lisensi, sehingga legal jika dipakai.
2. Gratis
Salah satu yang menyebabkan software open source banyak digunakan adalah karena sifatnya yang gratis. Walaupun ada beberapa pengembang yang membutuhkan donasi untuk pengembangan sebuah software open source tersebut.
3.Respon yang baik dari pemakai sehingga bug dapat ditemukan dan diperbaiki dengan lebih cepat.
Seringkali software open source membutuhkan feedback dari pengguna untuk lebih mengembangkan software tersebut. Biasanya feedback ini diperoleh dari sesama pemakai software open source yang tergabung dalam sebuah komunitas.

Dibalik keuntungan menggunakannya, tentu saja software open source juga memiliki kekurangan, antara lain :
1. Tidak ada garansi dari pengembang
Biasanya terjadi ketika sebuah project dimulai tanpa dukungan yang kuat dari satu atau beberapa perusahaan, memunculkan celah awal ketika sumber code masih mentah dan pengembangan dasar masih dalam pembangunan.

2. Masalah yang berhubungan dengan intelektual property
Pada saat ini, beberapa negara menerima software dan algoritma yang dipatentkan. Hal ini sangat sulit untuk diketahui jika beberapa motede utama untuk menyelesaikan masalah software di patenkan sehingga beberapa komunitas dapat dianggap bersalah dalam pelanggaran intelektual property.

3. Kesulitan dalam mengetahui status project
Tidak banyak iklan bagi open source software, biasanya beberapa project secara tidak langsung ditangani oleh perusahaan yang mampu berinvestasi dan melakukan merketing.

Demikian mengenai keuntungan dan kerugian menggunakan software open source dalam membuat aplikasi. Dibalik segala kerugian dan keuntungannya, software open source akan terus berkembang dan akan menjadi pilihan terbaik untuk mengembangkan aplikasi - aplikasi karena kemudahan untuk mendapatkannya dan banyaknya komunitas open source yang telah ada dapat berguna untuk melakukan konsultasi dalam pengembangan dan perbaikan aplikasi yang sedang dibuat.



:: Sumber ::



http://cap-cip-cupzz.blogspot.com/2011/03/vclass-keuntungan-dan-kerugian.html
http://herry-k.blogspot.com/2012/03/kegunaan-software-open-source-dalam.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar